Manasik Haji dan Pemotongan Hewan Qurban

Rabu, 14 September – pada hari ke tiga lebaran ‘idul Adha tahun ini TK-IT, SD-IT Insan Rabbani dan Ponpes Al Muzakir Ujanmas, melakukan pelatihan manasik Haji, sholat ‘idul Adha dan pemotongan hewan qur’an, rangkaian acara ini melibatkan semua wali siswa, toko masyarakat dan pejabat sekitarnya kecamatan Ujanmas.
Pada saat Umat Islam tumpah ruah di kota suci melakukan ibadah Haji, kami di Ujanmas melakukan pelatihan manasik haji dalam suasana hari lebaran ‘idul Adha. Manasik Haji terdiri dari 7 kelompok dan diberi 7 bendera negara Muslim dengan tujuan walupun berbeda negara namun ikatan ukhuwah, ikatan keimananlah yang mempertemukan kita disebuah tempat pelaksanaan ibadah Haji. begitu juga Allah tidak menilai dari negara mana hambanya yang menyambut seruan Haji namun Allah menilai dari keimanan dan keyakinan yang bersih.
Hewan qurban, sebelum melakukan manasik haji para siswa menyaksikan penyembelihan hewan (kambing) qurban terlebih dahulu, Santri Ponpes Al Muzakir disuruh untuk memegang hewan yang akan disembelih agar mereka memahami tata cara penyembelihan yang benar karena kelak ketika mereka pulang kampung halaman masing-masing diharapkan dapat membantu masyarakat di kampung halamannya masing-masing.

 

Perwakilan Negara Palestine
Perwakilan dari Negara
Malaysia & Brunai Darusalam

 

Santri Ponpes Al Muzakir Ujanmas

 

Latihan Sholat ‘Idul Adha
(Siswa TK-IT, SD-IT & Ponpes)

 

Tim Pemotong hewan qurban
dan memasak-masak
TIM Ponpes Al Muzakir Ujanmas

ujanmas.ponpes.id

Scroll to Top