MUKONDIMAH PONPES UJANAMS

Kehadiran pondok pesantren disuatu wilayah merupakan bagian dari solusi untuk mengatasi masalah pendidikan masyarakat, sejarah pesantren sudah sangat tua di indonesia, sejak zaman para wali model pendidikan pesantren adalah model pendidikan yang dipilih oleh para wali untuk menyebarkan agama islam.

Hingga saat ini sekitar 25 ribuan pesantren yang berdiri, akan tetapi tetap saja kebutuhan akan hadirnya lembaga ini masih dirasa kurang, khususnya di wilayah yang memang diwilayah tersebut belum ada lembaga pesantrennya.

Disamping masalah ruhiah, permasalahan yang dihadapi oleh umat islam adalah tertinggalnya mereka dari sisi ilmu pengetahuan dan teknologi, dan ini berdampak pada seluruh sector kehidupan, kita saat ini mengkonsumsi obat yang tidak jelas kehalalanya, memakai teknologi yang kita tidak tau bagaimana dibuat dan seperti apa dampak negatifenya, memakan makanan kemasan yang kita tidak tahu seberapa bahaya kandungan kimianya bagi kesehatan tubuh dan banyak lagi akibat dari ketidak mampuan kita dalam penguasaan teknologi.

Dulu kita diberi tahu tentang planet Pluto kita pun mengajarkanya, sekarang ternyata planet Pluto dinyatakan bukan planet dan kita sebagai umat islam hanya mengikuti tanpa sumbangsih yang jelas. Hantaman teori evolusi dari Charles Darwin tidak kalah dahsyat tentang asal muasal kita yang berasal dari kera, teori ekonomi yang ribawi, system pasar bebas dan system keuangan yang menjadikan kertas sebagai alat tukar. Semua ini kita hanya jadi pengikut yang taat. Kekayaan alam di bumi umat islam habis dieksplorasi tanpa kita tahu nilai keuntungan akhir kita, yang pasti hutang luar negeri kita semakin menumpuk. Sungguh sebuah masalah yang menjadi tanggung jawab bersama untuk menyelesaikanya

Kehadiran lembaga pesantren, khususnya lembaga pesantren yang menitik beratkan pada masalah sains dan teknologi masih sangat kurang. Di sumatera selatan saja kita belum mendengar adanya lembaga ini.

Karena itulah, kami memberanikan diri untuk memulai rintisan pesantren sains qur’an dan teknologi, yaitu pesantren yang memfokuskan membedah ayat ayat qur’an terkait masalah sains seperti fisika, matematika dan biologi. Kami memperkaya pendidikan dipesantren dengan fsikologi qur’an. Untuk materi khas pesantren tetap diberikan seperti bahasa arab, belajar ceramah, menghafal qur’an dan lainya.

Untk menyiapkan manusia yang siap terjun ke masyarakat santri dibekali juga dengan kegiatan eunterpreneurship, kewira usahaan ini diharapkan bisa membangun kesadaran santri akan penting nya membangun pasar sebagaimana Nabi Muhammad saw setelah masjid nabawi adalah membidik pasar

Kami berharap upaya yang sederhana ini bisa menjadi amal sholeh bagi kami yang terlibat didalamnya juga  pahalanya terus mengalir selamanya.

PROFIL PONPES AL MUZAKIR UJANMAS
UJANMAS LAMA MUARA ENIM

A. IDENTITAS PONPES

1.      Nama Ponpes : Ponpes Al Muzakir Ujanmas
2.      NSPP: 502016030023
3.      No Rekening: Bank BNI Syari’ah   7-2016-2020-0 
 An Ponpes Al Muzakir Ujanamas
4.      Nama Badan yang mengelola: Yayasan Al Muzakir Ujanmas
5.      Ketua Yayasan: Ust Pebby Anggoman, S.Pd  
6.      Nama Lengkap Pimpinan Ponpes: Ust Yeri Setiawan, S.Pd.
7.      No. Handphone: 0812-7878-7680
8.      Luas tanah seluruhnya: 5.000 M2
9.      Sisa masih dapat dibangun: 1.000 M2
10.  Status Tanah: Wakaf
11.  No. Sertifikat : 279/5282/2012

B. SUSUNAN PENGURUS

Pimpinan Ponpes: Ust Yeri Setiawan, S.Pd.
Sekretariat: Ummi Reren Istiqomala Yusi, S.Kom
Bendahara: Ummi Anne Haryani, SEI
Waka Kesantrian: Ust Ahmad Fuadi Sobri
Waka. Kurikulum / Kesiswaan: Ummi Eva Nofita, S.Pd
Seksi. Kesantrian: Ust Ahmad Fuadi Sobri
Seksi Peribadatan: Ust Akke Joshe Raly, S.Pd.I
Seksi Humas: Ummi Erra Andesta,S.Pd 

VISI DAN MISI
PONDOK PESANTREN AL MUZAKIR UJANMAS

VISI

            MENCETAK GENERASI ILMUWAN ‘ULAMA

MISI

  1. Mewujudkan Siswa Yang Menguasai Ilmu Pengetahuan Berbasis Sains
  2. Mewujudkan Siswa Yang Menguasai Ilmu Informasi Teknologi (It)
  3. Mengembangkan Bahasa Asing (Arab Dan Inggris)
  4. Mengembangkan Pembelajaran Dengan Aktif Melakukan Riset
  5. Hafal Al Qur’an Minimal 2 Juz (Juz 30 & 29)
  6. Tuntas Membaca Terjemahan Al Qur’an (6 Kali)
  7. Tuntas Membaca Kitab Hadits Dan Terjemahan

TUJUAN :

  1. Lahirnya generasi ilmuwan dalam bidang ilmu sains
  2. Lahirnya generasi yang menguasai ilmu informasi teknologi
  3. Terwujudnya siswa yang cakap dalam berbahasa arab dan inggris
  4. Lahir gerenasi yang berbicara berdasarkan data atau pakta
  5. Lahirnya generasi yang hafal qur’an
  6. Lahirnya generasi yang memahami al qur’an
  7. Lahirnya generasi yang memahami hadits

        Sekilas Video Profil Ponpes :

Scroll to Top